Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
Selamat Datang di website MAN TEMANGGUNG MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMANGGUNG
blog-img-10

KHATAMAN AL-QUR'AN DALAM PERESMIAN ASRAMA MAMBA'UL QUR'AN

Sebagai sumber utama Islam, Al-Quran bukanlah perkataan manusia, bukan pula perkataan Nabi Muhammad Saw atau Malaikat Jibril. Al-Quran adalah kalam Allah yang penuh dengan kesucian dan memiliki sakralitas yang tinggi. maka siapapun yang menjadikan Al-Quran sebagai sahabat setia, dapat dipastikan ia akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan darinya.

Allah Swt berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi. (Q.S. Fatir [35]: 29)

Kesadaran inilah yang telah menggerakkan keluarga besar MAN Temanggung untuk melaksanakan kegiatan khataman Al-qur'an dalam rangkaian peresmian gedung Asrama Mamba'ul Qur'an MAN Temanggung pada hari Jum'at, 9 April 2021. Guru-karyawan MAN Temanggung, dan siswa-siswi Mamba'ul Qur'an lebur menjadi satu membaca ayat-ayat suci Al-qur'an dengan wajah berseri mengharap ridha Illahi Rabbi. Khataman Al-qur'an ditutup dengan doa oleh KH. Ismail, M.Pd dilanjutkan mahallul qiyam dengan lantunan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Sungguh hati bergetar, serasa Rasulullah hadir dalam majelis mulia tersebut.

Ketika sang surya mulai bergeser ke barat, sekira pukul 13.00 WIB pada hari Jum'at yang penuh berkah itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan siswa-siswi asrama kelas X menghafalkan Al-qur'an juz 30 dengan tartil dan tahsin. Suasana qur'ani kian terasa di satu-satunya madrasah aliyah negeri di kota kecil ini.

Selepas penampilan siswa-siswi asrama, acara dilengkapi dengan untaian mauidzah hasanah dalam rangka penguatan kompetensi spiritual yang disampaikan oleh KH. Muhammad, Lc., pengasuh Pondok Pesantren Nurul Wahid Tlogorejo Temanggung. Dalam ceramahnya, beliau menuturkan agar di zaman akhir yang kebanyakan orang sering mengharap untuk diperhatikan dengan melakukan keanehan-keanehan, bahkan keburukan-keburukan agar bisa viral di media sosial, kita tidak perlu larut dalam arus demikian. "Hendaknya kita tetap memburu ilmu dalam setiap waktu, jangan pernah bosan, karena dengan ilmu pasti orang akan memperhatikan, bahkan memperhitungkan". Begitu pesan darinya.

Seusai mauidzah hasanah, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, S.Ag., MM., didampingi Kepala MAN Temanggung Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed, Ketua Komite MAN Temanggung Drs. KH. Muhammad Ridwan, dan beberapa tamu undangan dari unsur pejabat Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kepala MAN Temanggung, Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed. berharap agar keberadaan Asrama Mamba'ul Qur'an benar-benar dapat meningkatkan kualitas siswa-siswi MAN Temanggung untuk mewujudkan visi-misi madrasah, yakni agamis, kompetitif, terampil, dan berwawasan lingkungan. (jf)