Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
Selamat Datang di website MAN TEMANGGUNG MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMANGGUNG
blog-img-10

Tiktok Media Mudah Pengumpulan Tugas Praktik Makanan Daerah

Oleh: Indaryati

Guru Keterampilan MAN Temanggung


Dimasa pendemik Covid-19 pembelajaran PKWU di MAN Temanggung dilaksanakan secara daring. Mengajar praktik keterampilan pengolahan makanan daerah adalah seni menyampaikan ilmu teori dan praktik pada siswa kelas XI MAN Temanggung.

Pembelajaran Ketrampilan pada materi teori dapat di lakukan melalui pembelajaran e-learning, WA grup, atau menggunakan aplikasi voice note. Namun untuk pembelajaran praktik harus dilakukan secara luring, ada yang di rumah ada pula di melakukannya di pondok pesantren, dengan tetap mendapat bimbingan dari jarak jauh oleh guru secara daring. Guru memberikan contoh praktik dengan mengirim video praktik lewat WAG. Namun masih sedikit siswa yang mengumpulkan tugas ke WA grup secara tepat waktu. Kemungkinan hal ini kurang menarik bagi siswa. Untuk itu guru mencoba mengunakan aplikasi TikTok sebagai media pengumpulan tugas bagi para siswa.

Siswa pada saat pendemik ini merasa kesulitan untuk mengumpulkan tugas-tugas yang meliputi tugas praktik. Sedangkan praktik pengolahan tetap harus dilakukan di manapun berada walaupun dengan peralatan yang sederhana yang dimiliki di rumah ataupun di pondok yang tidak selengkap bila praktik dilakukan di madrasah. Pemilihan aplikasi TikTok ini selain mudah juga sudah biasa di lihat dan di manfaatkan oleh siswa pada waktu dan moment tertentu dengan teman-temannya diluar pembelajaran. Kali ini guru memberikan Tugas untuk memanfaatkan aplikasi ini guna menunjang pengumpulan tugas-tugas praktik pengolahan makanan daerah yang di pelajari pada kelas XI MIPA, IPS, BAHASA dan AGAMA di MAN Temanggung.

Menurut Susilowati (15.8.2020), TikTok adalah aplikasi yang menberikan special efekcts unik dan menarik yang dapat digunakan oleh penguna dengan mudah sehingga dapat membuat video pendek dengan hasil yang keren serta dapat di pamerkan kepada teman – teman

Aplikasi TikTok selain memberikan kemudahan siswa dalam pengumpulan tugas juga meningkatkan kreatifitas dan membangun rasa percaya diri dalam melakukan praktik pengolahan memasak makanan daerah yang dilakukan di rumah ataupun di pondok. Bagi siswa mengerjakan secara berkelompok harus mematuhi protocol Kesehatan.

Cara menggunakaan aplikasi TikTok di mulai dengan mengunduh aplikasi ini pada Play Store kemudian membuat akun pengguna serta mengatur yang di inginkan. Setelahnya bisa dengan mudah digunakan pada saat melakukan praktik. Bagi guru yang beda generasi dengan siswa yang tumbuh kembangnya bersamaan perkembangan  teknologi informasi dan media social, guru harus mau meng-eksplor fiktur-fiktur yang tersedia sehingga dapat menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan.             Tutorial penggunakaan aplikasi ini pun sudah sangat banyak bisa kita akses melalui youtobe. Selanjutnya kita bisa merekam video praktik yang nantinya dikumpulkan sebagai bukti bahwa siswa telah melaksanakan praktik pengolahan makanan daerah di rumah dan dipondok masing masing. Kemudian selanjutnya bisa diatur dengan background, backsound dan efek apapun sehingga memarik ketika dilihat oleh guru ataupun teman sekelasnya pada saat presentasi online di kelas online.menggunakan google meet, atau menggunakan zoom.

Dengan aplikasi TikTok pengumpulan tugas praktik pengolahan makanan daerah terbukti semakin meningkat. Selain memberikan kemudahan dan siswa mengumpulkan tugas dengan senang hati. Dengan demikian guru dapat melakukan penilaian terhadap hasil penugasan dari para siswa dilakukan secara lebih mudah. Untuk itu di masa pendemik ini guru di tuntut lebih fleksibel dan menyesuaikan perkembangan dan perubahan teknologi pembelajaran.