Agustus adalah bulan istimewa bagi bangsa Indonesia, karena pada bulan inilah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. MAN Temanggung, sebagai instansi pendidikan di bawah naungan pemerintah merasa berkewajiban untuk ikut mengenang hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang membawa kemanfaatan sekaligus menggemberikan.

Semarak HUT RI ke-74 digelar oleh organisasi siswa intra sekolah (OSIS) MAN Temanggung. Acara dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 16 dan 17 Agustus 2019. Agenda pada hari pertama adalah jalan sehat, dilanjutkan perlombaan siswa antar kelas. Adapun cabang perlombaannya meliputi, kebersihan kelas, menghias tumpeng nasi goreng, lempar tongkat bambu runcing, dan estafet kaos. Kompetisi berjalan dengan sengit dan meriah. Sedangkan di hari kedua, dilaksanakan upacara pengibaran bendera dengan petugas para siswa yang tergabung di OSIS dan Pleton Inti (TONTI).

Kegiatan jalan sehat dan perlombaan yang dilaksanakan hari Jum’at berjalan dengan meriah dan ramai, karena di sela-sela perlombaan diisi hiburan organ tunggal dengan penyanyi dari siswa-siswa yang memiliki talenta dalam hal olah suara. Selain hiburan, juga dibagikan puluhan doorprize yang dikumpulkan dari sumbangan dewan guru dan karyawan. Bahkan ada doorprize berupa sepeda gunung yang menjadikan siswa sangat antusias mengikuti proses acara.

Pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus, pelaksanaan upacara bendera untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 juga berjalan dengan tertib dan hikmat. Para siswa yang bertugas dapat melaksanakan tugasnya secara apik. Plt. Kepala MAN Temanggung, Abu Yazid, S.Ag., memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan upacara yang lancar dan tertib. “Terima kasih saya sampaikan kepada para siswa yang mampu menjalankan tugas dalam upacara ini dengan lancar dan tertib. Ini adalah sebagian dari bentuk kecintaan kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ungkapnya saat menjadi pembina upacara.

Ketua OSIS MAN Temanggung, Muhammad Sakhy Al Akyas, mengungkapkan bahwa peringatan HUT RI ke-74 ini sudah direnacanakan sejak satu bulanan terakhir, tapi dalam penyelenggaraannya masih terdapat banyak kekurangan. “Kami dari pengurus OSIS berterima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami dalam mempersiapkan acara ini, tapi mohon maaf kami menyadari bahwa dalam teknis pelaksanaannya masih terdapat banyak kekurangan. Semoga di tahun depan akan semakin lebih baik.” Tuturnya di sela-sela kegiatan peringatan HUT RI ke-74 MAN Temanggung. (jf)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *