Pada tanggal 23 September 2019 yang juga bertepatan sengan tanggal 23 Muharam 1441 Hijriyah, MAN Temanggung mengadakan santunan anak yatim di Aula Utama MAN Temanggung. Kegiatan sosial bernuansa keagamaan ini diselengarakan oleh Madrasah melalui pengurus Majelis Taklim Nahdlatut Thullab (MTNT) MAN Temanggung.

Kegiatan santunan ini dihadiri oleh anak-abak yatim atau piatu dari berbagai desa dan beberapa sekolah dan sebagian didampingi oleh guru atau walinya. Berdasarkan data yang diterima dari Waka Humas dan Keislaman MAN Temanggung, H. Muslih, daftar penerima Santunan Bulan Muharam 1441 Hijriyah adalah sebagai berikut:
1. SDN 1 Jampiroso: 1 anak
2. SDN Kowangan: 10 anak
3. SDN 2 Jampiroso: 3 anak
4. SDN Lungge: 4 anak
5. SMPN 1 Temanggung: 2 anak
6. Desa Pandesari Parakan: 1 anak
7. Panjangsari Baru Parakan: 1 Kablukan
8. Kaloran: 1 anak
9. Desa Parakan: 2 anak
10. Kelurahan Wonosobo Jurang: 3 anak
11. Kertosari Temanggung: 1 anak
12. SD Muhammadiyah Kalisat: 1 anak
13. Tegalurung Bulu: 1 anak
14. Cekelan Temanggung: 1 anak
15. Madureso Indah: 1 anak
16. Wanutatengah Bulu: anak
17. Kedopokan Kandangan: 1 anak
18. Karangtengah Kandangan: 2 anak.

Pengurus MTNT, Uwli Sharof sebagai ketua panitia dalam kegiatan ini menuturkan, bahwa “masing-masing anak mendapatkan paket santunan berupa uang Rp.150.000,-, buku tulis satu pak, bolpoin satu, dan pensil satu. Jika ditotal jumlah keseluruhan yang dibagikan pada santunan bulan Muharam ini adalah Rp.6.100.000,-. Uang santunan tersebut merupakan hasil infaq siswa MAN Temanggung yang dikumpulkan setiap hari Jum’at, yang dikenal dengan kegiatan Jum’at Ikhlas.”

Dalam sambutannya, kepala MAN Temanggung, Ali Masyhar, menyampaikan bahwa banyak sekali tokoh dunia yang terlahir sebagai anak yatim. “Banyak sekali orang-orang hebat yang hidupnya bermanfaat dan sukses adalah terlahir sebagai anak yatim. Bukti paling nyata ada manusia tersukses di dunia yang kita idolakan, yakni Nabi Muhammad Saw. Maka adik-adik sekalian tidak usah berkecil hati. Kalau adik-adik tekun belajar dan mengaji, maka yakinlah kelak kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di dunia maupun di akhirat.”

Kegiatan Santunan Bulan Muharam ini merupakan kegiatan rutin yang sudah berkali-kali dilaksanakan oleh pengurus Majelis Taklim MAN Temanggung, dengan tujuan agar siswa terlatih jiwa sosialnya, untuk peduli terhadap sesamanya yang membutuhkan. Selain itu juga untuk menjalankan syariat dari Rasulullah Saw, yang mengajarkan agar di bulan Muharram umat Islam menyantuni anak yatim.

Pembina Majelis Taklim, Jaenal Abidin, menuturkan “Pada kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan santunan, tetapi juga ada praktik khitobah dari salah satu pengurus Majelis Taklim sebagai sebuah pembelajaran dalam berdakwah. Pada kesempatan ini, siswa yang berkesempatan tampil adalah M.Sahrul Fadil, siswa kelas X-MIA 1. Dia membawakan khitobah dengan judul Hikmah Bulan Muharram.” [nae]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *