Selain pembelajaran di kelas, untuk pengembangan potensi kepemimpinan siswa, juga dibutuhkan pembelajaran di organisasi. Di sekolah atau madrasah, organisasi siswa itu adalah OSIS.

Untuk keberlangsungan kepengurusan OSIS Tahun Pelajaran 2019/2020 pada hari Kamis 19 September 2019 dilaksanakan Penyampaian visi dan misi oleh Calon Ketua OSIS. Dalam pemilihan ketua OSIS tahun ini terdapat empat calon yang merupakan perwakilan dari Unit Kegiatan Intra Siswa (UKIS), yaitu Kharisma Wiranti kelas XI-IIK perwakilan Majelis Taklim, Eka Nur Fitrianie kelas XI-IBB perwakilan Dewan Ambalan, Ananda Fitria Darmawan kelas XI-MIA.1 dari PMR, dan Muhammad Alfian Akbar kelas XI-MIA.5 dari Pleton Inti (TONTI).

Penyampaian visi dan misi diikuti oleh seluruh siswa di Auditorium MAN Temanggung secara bergantian, dari kelas X, kelas XI, dilanjutkan kelas XII. Acara berjalan dengan seru, berbagai pertanyaan disampaikan baik oleh tim panelis dari kepengurusan OSIS periode sebelumnya dan dari para siswa. Keempat calon ketua OSIS menjawab berbagai pertanyaan dengan semangat dan penuh keyakinan.

Ketua OSIS periode 2018/2019, Muhammad Sakhy Al Akyas, pada saat sambutan pembukaan menyampaikan “Kami berharap agar seluruh siswa berpartisipasi secara aktif dalam Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) tahun ini. Tidak boleh Golput, silakan pilih salah satu dari empat kandidat sesuai hati nurani. Pemungutan suara akan dilakukan pada hari Sabtu 21 September 2019.”

Kepala MAN Temanggung, H. Ali Masyhar, saat dihubungi memberikan apresiasi atas terselenggaranya tahapan PILKAOS, “Saya sampaikan terima kasih kepada para guru pembina yang telah mendampingi anak-anak untuk menyelenggarakan pesta demokrasi bagi siswa ini. Semoga siswa MAN dapat memperoleh pelajaran berharga dari kegiatan ini. Mereka adalah calon pemimpin masa depan, di tangan merekalah nasib bangsa dipertaruhkan. Jika generasi muda terlatih menjadi seorang pemimpin, maka kelak akan menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya.”

Acara penyampaian visi dan misi calon ketua OSIS MAN Temanggung dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 14.15 WIB. Tahapan PILKAOS akan dilanjutkan lagi pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 dengan agenda pemungutan suara secara offline di Auditorium MAN Temanggung. [jf]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *