Regenarasi dalam kepengurusan organisasi adalah sebuah keniscayaan. Untuk menjalankan roda organisasi, estafet kepemimpinan harus diteruskan oleh generasi berikutnya. Hal inilah yang dalam pekan ini terjadi di organisasi siswa intra sekolah (OSIS) MAN Temanggung.

Setelah kepengurusan OSIS MAN Temanggung periode 2018-2019 berakhir di bawah kepemimpinan M. Sakhy Al Akyas, maka dilanjutkan oleh Ananda Fitria Darmawan yang terpilih pada Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) hati Sabtu tanggal 21 September 2019.

Sebagai bentuk keabsahan pengurus OSIS periode 2019-2020, pada hari Senin 14 Oktober 2019 dilaksanakan upacara serah terima jabatan (SERTIJAB) di halaman utama madrasah. Diawali dengan pengibaran sang saka merah-putih, SERTIJAB OSIS dilangsungkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan bendera OSIS oleh ketua periode sebelumnya kepada ketua periode yang sekarang.

Pembina upacara, H. Muslih M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam memimpin sebuah organisasi kita telah diberi contoh oleh Nabi Muhammad Saw. Yakni berbegang pada empat pilar. “Rasulullah Muhammad Saw. adalah pemimpin terbaik di dunia, beliau memimpin dengan berbegang pada empat pilar, yaitu sifat siddiq, amanah, tabligh dan fatonah. Maka saya berharap kepengurusan OSIS periode 2019-2020 mampu meneladani Rasulullah dengan berbegang pada empat pilar tersebut.” Begitu isi sambutan H. Muslih.

M. Sakhy Al Akyas selaku pejabat ketua OSIS yang purna tugas saat dihubungi menyatakan pesan dan kesannya. “Pesan saya, setelah menjadi ketua OSIS periode 2018-2019 kita harus saling menjaga, menguatkan, melestarikan, dan mengembangkan prestasi-prestasi yang ada di MAN Temanggung. Kita juga harus selalu optimis, bahwa kita mampu bersaing dengan sekolahan-sekolah lain baik di Temanggung maupun di luar Temanggung. Dan yang tidak kalah penting kita harus selalu mengedepankan akhlak dalam segala hal dan selalu ikhlas dalam menjalankan amanah.”

Lebih lanjut, Sakhy menyampaikan kesannya, “Kesan saya setelah menjadi ketua osis periode 2018-2019, pertama OSIS adalah organisasi yang penuh kemanfaatan di antaranya adalah kita dapat mengolah pembicaraan kita supaya baik dan benar, memberi pengalaman lebih bagi saya sendiri dan pastinya saya tularkan pengalaman saya kepada pengurus yang lain. Kemanfaatan yang lain, saya bisa belajar berorganisasi yang baik. OSIS adalah pengantar saya menuju Jawa Tengah Leadership Project, di sana saya dilantik sebagai pengurus pusat forum OSIS Jawa Tengah bidang keagamaan, di Temanggung sendiri saya juga ikut dalam pengurusan Forum OSIS Temanggung dalam bidang Humas. Jadi banyak sekali kemanfaatan yang saya dapatkan di OSIS MAN Temanggung ini.”

Sementara itu, Ananda Fitria Darmawan, ketua OSIS periode 2019-2020 yang baru saja dikukuhkan, menyampaikan visi dan misinya untuk memimpin OSIS MAN Temanggung satu tahun ke depan. “Visi saya untuk kepengurusan OSIS adalah meningkatkan kualitas sumber daya siswa MAN Temanggung. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka saya memiliki lima misi, yaitu pertama meningkatkan kepribadian yang berakhlakul karimah, kedua mendengarkan aspirasi untuk menghadirkan solusi, ketiga memfasilitasi bakat dan minat siswa untuk berprestasi, keempat membentuk rasa nasionalisme yang tinggi, dan kelima memberikan pemahaman bahwa sekolah adalah rumah kedua yang harus dinikmati dan dicintai.” Demikian penjelasan Ananda ketika dihubungi oleh tim redaksi www.mantemanggung.sch.id. [jf]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *