Salah satu unit kegiatan intra siswa (UKIS) yang eksis di MAN Temanggung adalah Majelis Taklim Nahdlatut Thullab (MTNT). Organisasi kesiswaan ini bergerak di bidang keagamaan, baik di ranah dakwah, tarbiyah, ubudiyah, muamalah, maupun ukhuwah.

Agama adalah ruhnya madrasah, maka selain pembelajaran materi keagamaan, kegiatan keagamaan juga sangat penting untuk membangun karakter siswa yang berakhlakul karimah. Hal ini sesuai dengan salah satu visi MAN Temanggung, yakni mewujudkan insan yang agamis. Sehingga keberadaan organisasi MTNT di MAN Temanggung sangat dibutuhkan.

Seiring dengan bergantinya tahun pelajaran di madrasah, dari tahun pelajaran 2018/2019 menjadi tahun 2019/2020, maka kepengurusan MTNT juga harus dilakukan reorganisasi. Maka, bertepatan pada hari Sabtu, tanggal 2 November 2019, telah dilaksanakan reorganisasi kepengurusan MTNT di aula MAN Temanggung.

Acara reorganisasi dimulai dengan sambutan oleh ketua MTNT periode 2018/2019, M. Haikal Azim, kemudian pembekalan (upgrading) oleh pembina MTNT, Jakfar Sodik, S.Pd.I, dilanjutkan dengan pemilihan ketua MTNT periode 2019/2020. Pemungutan suara pemilihan ketua dilaksanakan sekitar pukul 16.00 WIB, dan ketua yang terpilih adalah M. Andrian Maulana, siswa kelas XI-MIA.5.

Dalam upgrading terhadap pengurus MTNT yang baru, Jakfar Sodik, S.Pd.I, menyampaikan “Yang menjadi spirit kita di organisasi MTNT adalah li i’lai kalimatillah, untuk menegakkan kalimat-kalimat Allah, sehingga inti kegiatan di MTNT adalah dakwah dan tarbiyah. Dakwah untuk syi’ar Islam kepada masyarakat secara luas, dan tarbiyah untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap ajaran-ajaran Islam.” Lebih lanjut Pak Jakfar (begitu dia biasa dipanggil) menjelaskan “Bahwa ketika menjadi pengurus di organisasi MTNT, maka kalian akan memperoleh P3K, yaitu Pengetahuan, Pengalaman, Persahabatan, dan Kemanfaatan.”

M. Andrian Maulana selaku ketua MTNT terpilih dalam sambutan perdananya menyampaikan “Terima kasih atas kepercayaan teman-teman terhadap saya, semoga saya mampu memegang amanah yang mulia ini. Bersama-sama kita majukan MTNT, program-program periode sebelumnya yang baik kita lanjutkan, sembari kita susun program-program baru yang lebih baik.”

Sekitar pukul 16.30 WIB acara reorganisasi MTNT diakhiri dengan membaca shalawatan bersama sembari bermushafahah (salaman) antara pembina, pengurus MTNT lama, dan pengurus MTNT yang baru. [jf]

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *