SANTUNAN SISWA YATIM DI MAN TEMANGGUNG

By ADMIN MAN TEMANGGUNG 06 Sep 2022, 13:58:39 WIB Kegiatan Sekolah
SANTUNAN SISWA YATIM DI MAN TEMANGGUNG

Gambar : Penyerahan santunan kepada siswa yatim oleh Kepala Sekolah MAN Temanggung


Bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam tahun Hijriah merupakan salah satu bulan yang mulia, hal ini tercatat dalam Al-Qur'an bersama tiga bulan lainnya, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Nash tersebut termaktub dalam Surat At-Taubah ayat 36.

Bagi masyarakat Jawa Bulan Muharram lebih dikenal dengan Bulan Syura, hal ini dikarenakan pada bulan Muharram terdapat Hari Asyura (hari kesepuluh) yang istimewa. Hari Asyura diistimewakan karena terdapat peristiwa-peristiwa bersejarah dalam peradaban kehidupan umat manusia, diantaranya adalah Nabi Adam As bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan diterima, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan, selamatnya Nabi Ibrahim As dari siksa Raja Namrudberupa api yang membakar, dan masih banyak peristiwa lainnya.

Dalam rangka mengenang hari bersejarah dan mengisi hari yang istimewa ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung menyelenggarakan kegiatan Mujahadah, Pengajian, dan Santunan Siswa Yatim. Kegiatan yang diinisiasi oleh Majelis Taklim Nahdlatut Thullab (MTNT) dan Unit Pengumpul Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) MAN Temanggung ini dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas pada hari Senin 8 Agustus 2022. Hari ini juga bertepatan pada tanggal 10 Muharram 1444 H.

Kegiatan yang diberi judul Memetik Hikmah 10 Muharram 1444 H dengan tema "Berhijrah Menjadi Pribadi yang Berakhlakul Karimah" ini diikuti oleh 94 siswa yatim di MAN Temanggung yang tersebar dari kelas 10 hingga kelas 12. Rangkaian kegiatan diawali dengan shalat hajat bersama, dilanjutkan mujahadah yang dipimpin oleh pembina MTNT, Jakfar Sodik.

Setelah shalat hajat dilanjutkan dengan sambutan dari ketua UPZIS MAN Temanggung, H. Gafur, kemudian Kultum oleh ketua MTNT, Arya Kamaludin siswa kelas XII-Bahasa. Sedangkan Puncak acara adalah mauidlah hasanah Hikmah 10 Muharram 1444 H yang disampaikan oleh Kepala MAN Temanggung, KH. Ali Masyhar.

Seusai mauidlah hasanah kemudian dilaksanakan penyerahan santunan siswa yatim secara simbolis, dilanjutkan mahallul qiyam dan membaca shalawat bersama. Setelah itu dilaksanakan penyerahan santunan kepada 94 siswa yatim di MAN Temanggung. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 13.00 sampai pukul 15.00 WIB. [jf]